Home » , » Cara Menghapus File Sampah Thumbnails Di Smartphone Android

Cara Menghapus File Sampah Thumbnails Di Smartphone Android

Posted by IT Smartphone on Saturday, December 24, 2016

File atau berkas sampah di smartphone android sering kita kenal sebagai file cache. File tersebut biasanya tersimpan di memory internal atau memory card smartphone android secara otomatis ketika kita melakukan kegiatan membuka aplikasi atau game.

Aplikasi atau game yang kita buka di smartphone android akan meninggalkan berkas atau file sampah di penyimpanan smartphone android. File sampah itu sendiri bisa berupa foto, file atau lainnya. Iklan di dalam aplikasi atau game yang tampil di dalam smartphone android juga akan tersimpan.

Hal itulah yang membuat ruang penyimpanan baik itu internal ataupun eksternal menjadi penuh. Apalagi file sampah (file cache) yang paling besar di dalam smartphone android adalah file thumbnails. Ukuran file thumbnails ini bisa mencapai 2Gb atau bahkan lebih.

Kita tentunya tidak ingin kapasitas penyimpanan di smartphone android terbuang begitu saja dan menjadi tempat untuk menyimpan file yang tidak penting seperti file sampah tersebut.

Menghapus File Sampah Thumbnails

Cara menghapus file thumbnails di android
Fitur Cleaner

Sebenarnya banyak aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk menghapus file thumbnails di smartphone android. Tapi kali ini saya hanya akan mencontohkan menghapus file thumbnails menggunakan fitur yang terdapa di dalam aplikasi Es Penjelajah (Es Explorer).

Karena untuk menghapus file thumbnails melalui fitur yang ada di es penjelajah ini cukup mudah sekali dilakukan. Kalian hanya perlu mendownload aplikasi es penjelajah (es explorer) kemudian buka aplikasinya dan lakukan cara berikut ini :
  1. Pilih fitur Cleaner dan tunggu sampai proses selesai.
  2. Hilangkan tanda ceklis pada file yang tidak ingin kalian hapus.
Pada pilihan .thumbnails jangan di hilangkan tanda ceklisnya dan silakan kalian pilih hapus, lihat pada gambar di bawah ini !
Cara Menghapus File Thumbnails di Android
Sampah .Thumbnails
Selesai sudah, kini ruang penyimpanan di smartphone android kalian sudah sedikit renggang. Kalian lakukan hal ini minimal 1 minggu 2 kali, karena setiap kita membuka sebuah aplikasi atau game maka file .thumbnails ini akan muncul dan tersimpan secara otomatis ke ruang penyimpanan.

Menghapus file thumbnails di smartphone android tidak akan berdampak negatif untuk smartphone android kalian, sebaliknya dengan menghapus file thumbnails di smartphone membuat ruang penyimpanan di smartphone android akan menjadi renggang dan kalian tidak akan kehabisan ruang penyimpanan.


Oke, itu saja yang dapat saya berikan kepada kalian para pembaca setia. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran silakan tinggalkan komentar kalian di bawah atau dapat menghubungi saya melalui halaman contact us.

Thanks for reading Cara Menghapus File Sampah Thumbnails Di Smartphone Android. Panduan lainnya dapat kalian temukan di kategori .

Saya membuat sebuah blog hanya karena ingin berbagi kemampuan yang saya miliki dan yang pernah saya alami di dunia teknologi. Blog Info Teknologi Smartphone inilah yang menjadi tempat saya untuk berbagi seputar Tips, Trik, Panduan Smartphone Android & Teknologi Smartphone Android Lainnya.


Your information will not be shared. Ever.
Previous
« Prev Post
Lisensi Creative Commons
Info Teknologi Smartphone oleh Roma Dwi Hartanto disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://www.infoteknologismartphone.tk.
Izin di luar dari ruang lingkup lisensi ini dapat tersedia pada https://www.infoteknologismartphone.tk/p/contact-us.html.

0 comments:

Post a Comment