Home » » Cara Meringankan Memory RAM di Smartphone Android

Cara Meringankan Memory RAM di Smartphone Android

Posted by IT Smartphone on Saturday, December 17, 2016

Penyimpanan Memory RAM pada smartphone android memiliki peran yang sangat penting terhadap berjalannya suatu aplikasi di smartphone. Jika ruang penyimpanan memory ram yang kita miliki di smartphone cukup besar, mungkin aplikasi dapat berjalan dengan stabil dan tidak membuat smartphone android menjadi lambat.

Tapi bagaiamana jika ruang memory ram yang ada di smartphone android kita memiliki kapasitas yang cukup kecil ? Tentunya kita tidak dapat memasang aplikasi terlalu banyak, jika sudah mencapai batad maksimal, smartphone android akan terasa berat atau lambat. Hal ini tentunya membuat kita jengkel pada smartphone android yang lambat.

Meringankan Memory RAM Smartphone Android

Meringankan Memory RAM Smartphone Android
Aplikasi

Sebenarnya ada beberapa cara untuk meringankan memory ram salah satunya adalah dengan cara menghapus atau mencopot pemasangan aplikasi yang tisak di pakai. Tetapi hal ini perlu akses root jika kita ingin menghapus atau mencopot aplikasi system (aplikasi bawaan smartphone android).

Cara kedua ini melakukan pengaturan pada aplikasi yang sering menggunakan ruang penyimpanan RAM cukup besar. Cara ini sangat efektif meskipun tidak se-efektif dengan cara mencopot pemasangan aplikasi system. Jika pencopotan pemasangan tentunya membuat semua ruang memory RAM akan kembali sebesar yang digunakan oleh aplikasi yang telah di copot.

Mengatur Setelan Google Play

Meringankan Ruang Penyimpanan Memory RAM Android
Setelan Google Play
Melakukan sedikit pengaturan pada setelan aplikasi google play store juga dapat meringankan beban memory ram yang terpakai pada aplikasi google play. Caranya cukup mudah kalian hanya perlu masuk ke google play > setelan dan silakan kalian atur seperti gambar diatas.

Jika kalian tidak mau menerima pemberitahuan untuk pembaruan aplikasi tersedia, kalian juga dapat menonaktifkannya. Maka ruang memory ram yang digunakan oleh google play akan berkurang dan membuat beban memory ram smartphone android kalian akan berkurang.

Mengatur Setelan Aplikasi Google

Setelan Aplikasi Google

Memoles sedikit pada setelan aplikasi google juga dapat meringankan memory ram smartphone android kalian. Silakan kalian masuk ke aplikasi google setelah itu pilih setelan dan nonaktifkan atau hilangkan tanda ceklis pada beberapa pengaturan yang ada di aplikasi google.

Maka beban pada memory ram di smartphone akan berkurang dan tidak akan terlalu banyak ruang memory ram yang digunakan oleh aplikasi google.

Mengatur Setelan Google (Google Play Service)

Meringankan Memory RAM Pada Smartphone Android
Setelan Google Play Service

Jika pada smartphone android kalian terdapat aplikasi setelan google (google play service) kalian juga perlu melakukan pengaturan pada aplikasi ini. Karena aplikasi google play service juga cukup banyak menggunakan memory ram pada smartphone android kalian. Masuk pada aplikasi tersebut dan pilih keamanan, kalian atur seperti gambar diatas.

Kemudian silakan kalian periksa semua pengaturan yang ada, jika ada yang di ceklis kalian hilangkan saja tanda ceklisnya. Maka beban memory ram akan berkurang pada smartphone android kalian.


Itulah cara meringankan memory ram pada smartphone android secara efektif, semoga saja cara ini dapat berguna untuk smartphone android yang kalian gunakan. Jika ada yang ingin kalian tanyakan, silakan tinggalkan komentar kalian di bawah atau kalian dapat menghubungi saya melalui halaman contact yang sudah tersedia.

Thanks for reading Cara Meringankan Memory RAM di Smartphone Android. Panduan lainnya dapat kalian temukan di kategori .

Saya membuat sebuah blog hanya karena ingin berbagi kemampuan yang saya miliki dan yang pernah saya alami di dunia teknologi. Blog Info Teknologi Smartphone inilah yang menjadi tempat saya untuk berbagi seputar Tips, Trik, Panduan Smartphone Android & Teknologi Smartphone Android Lainnya.


Your information will not be shared. Ever.
Previous
« Prev Post
Lisensi Creative Commons
Info Teknologi Smartphone oleh Roma Dwi Hartanto disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://www.infoteknologismartphone.tk.
Izin di luar dari ruang lingkup lisensi ini dapat tersedia pada https://www.infoteknologismartphone.tk/p/contact-us.html.

0 comments:

Post a Comment