Home » » Cara Menambah Durasi Video Di Status Whatsapp

Cara Menambah Durasi Video Di Status Whatsapp

Posted by IT Smartphone on Friday, June 23, 2017

Sudah lama sekali saya tidak memberikan panduan atau tutorial di situs saya ini IT Smartphone karena sibuk bekerja. Kali ini saya menyempatkan waktu untuk memberikan sedikit panduan atau tutorial yang mungkin dapat berguna untuk kalian semua, Cara Menambah Durasi Video Di Status Whatsapp adalah panduan atau tutorial yang akan saya coba bahas kali ini.

Kita semua telah tahu bahwa batas maksimal video di status whatsapp adalah 30 detik lalu apakah bisa menambah durasi tersebut ? Sehingga bisa membuat status di whatsapp dengan video yang berdurasi 5 menit atau bahkan 1 Jam ! Jawabannya tentu saja bisa, cara yang akan saya berikan ini dapat berfungsi dan di jalankan di smartphone yang sudah di root.

Menambah Durasi Video Di Status Whatsapp

Mengirim Video Berdurasi Lebih 30 Detik Di Status Whatsapp
Menambah Durasi Video Whatsapp

Oke, jika kalian ingin mengirim status di whatsapp dengan menggunakan video yang durasinya lebih dari 1 menit. Maka kalian bisa mengikuti panduan yang akan saya berikan di bawah ini. Bahan-bahan yang harus kalian siapkan adalah :
  1. Smartphone Harus Root.
  2. Aplikasi Root Explorer / Es Penjelajah (Disini saya menggunakan aplikasi Es Penjelajah).
Note : Untuk kalian yang belum tahu root berbahaya atau tidak, silakan kalian baca artikel saya tentang Root Smartphone Android Berbahaya Atau Tidak.

Jika semua bahan sudah di siapkan silakan masuk ke aplikasi es penjelajah & aktifkan fitur penjelajah root yang berada di menu es penjelajah ( strip 3 kebawah yang berada di pojok kiri atas) maka nanti akan tampil pop up root, kalian pilih saja Izinkan.

Jika sudah di izinkan silakan kalian pilih penyimpanan telepon di Es penjelajah & di dalam penyimpanan telepon kalian pilih garis miring (/) yang berada di bagian atas, lihat gambar di bawah ini !
Menambah Durasi Video Di Status Whatsapp
Pilih Garis Miring (/)

Setelah memilih garis miring maka kalian sudah berada di dalam berkas yang berisi folder-folder system. Langkah Selanjutnya kalian Buka Folder Data. Lihat Gambar di bawah !
Cara Menambah Durasi Video Dari 30 detik menjadi 1 jam di status whatsapp
Buka Folder Data

Jika kalian suda membuka folder data langkah selanjutnya kalian cari folder data lagi dan buka folder datanya. Sehingga hasilnya seperti ini / > Data > Data pada bagian atas es penjelajah. Jika sudah membuka folder Data yang kedua, silakan kalian cari folder com.whatsapp dan buka folder tersebut.

Di dalam folder com.whatsapp ada beberapa folder lainnya, kalian cukup buka saja folder yang bernama shared_prefs. Buka foldernya dan di dalamnya kalian akan menemukan beberapa file penting untuk whatsapp, buka file yang mempunyai nama com.whatsapp_preferences.xml. Perhatikan Gambar di bawah !
Cara Menambah Durasi Video
Buka File com.whatsapp_preferences.xml

Ketuk sekali saja pada file tersebut (jangan sampai tampil cekli seperti gambar diatas), jika sudah di ketuk sekali maka akan tampil pop up kalian pilih saja Es Editor Catatan. Disinilah waktunya pengeditan untuk menambah durasi video di status whatsapp, Pilih titik tiga ke bawah di bagian pojok kanan atas dan pilih edit. Lihat gambar di bawah !
Cara Menambah Durasi Video
Ubah Value untuk Video Max Duration

Pada gambar diatas yang saya blok, value sebenarnya adalah 30, saya ubah menjadi 3600. Itu karena saya menginginkan agar bisa mengirim video berdurasi 1 jam di status whatsapp. Silakan kalian ubah sesuai keinginan kalian.

INGAT ! Hitungannya Detik, Bukan Menit. Jadi jika kalian ingin mengirim video hingga 2 jam maka kalian jangan menulisnya 120 tapi kalian harus menulisnya dengan angka yaitu 7200.

Jika sudah di edit silakan pilih tombol kembali dan pilih Ya untuk menyimpan. Restart terlebih dahulu Smartphone kalian, setelah hidup silakan kalian coba berhasil atau tidaknya.

Bonus untuk kalian, jika kalian ingin mengirim berkas ke dalam chat teman atau group dengan kapasitas lebih dari 16Mb, caranya hampir sama. Karena kita tahu bahwa batas mengirim berkas ke chat teman atau group di whatsapp yaitu maksimalnya 16Mb. Agar kita bisa mengirim berkas dengan ukuran besar caranya sebagai berikut :

Masih di dalam file com.whatsapp_preferences.xml kalian cari tulisan yang saya blok seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini !
Cara Menambah Durasi Video
Edit Value Media Limit Mb

Perhatikan Value di media_limit_mb, value aslinya 16 itu artinya adalah 16Mb. Jadi kalian hanya bisa mengirim berkas hanya sampai 16Mb saja. Jika kalian ingin memperbesar kapasitasnya silakan kalian edit angka 16 tersebut. Contoh : jika kalian ingin mengirim berkas dengan ukuran kapasitas mencapai 1Gb maka kalian ganti angka 16 menjadi 1024. Edit saja sesuka kalian.

Jika sudah silakan kalian save dan restart smartphone kalian, silakan kalian tes pada akun whatsapp kalian masing-masing.

Pertanyaan : Apakah ini berbahaya ?
Jawabannya : Tentu saja tidak !


Oke, mungkin hanya itu saja yang dapat saya berikan untuk kalian semua, semoga panduan tentang Cara Menambah Durasi Video Di Status Whatsapp kali ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian. Jika kalian kebingungan dengan penjelasan diatas, silakan berkomentar saja mudah-mudahan saya bisa membimbing kalian.

Thanks for reading Cara Menambah Durasi Video Di Status Whatsapp. Panduan lainnya dapat kalian temukan di kategori .

Saya membuat sebuah blog hanya karena ingin berbagi kemampuan yang saya miliki dan yang pernah saya alami di dunia teknologi. Blog Info Teknologi Smartphone inilah yang menjadi tempat saya untuk berbagi seputar Tips, Trik, Panduan Smartphone Android & Teknologi Smartphone Android Lainnya.


Your information will not be shared. Ever.
Newest
You are reading the newest post
Lisensi Creative Commons
Info Teknologi Smartphone oleh Roma Dwi Hartanto disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://www.infoteknologismartphone.tk.
Izin di luar dari ruang lingkup lisensi ini dapat tersedia pada https://www.infoteknologismartphone.tk/p/contact-us.html.

9 comments:

  1. Mb..saya udh ikutin cra nya..udah berhasil tapi masalahnya teman kontak yg nonton status whatsapp aku tetap gak bsa nonton sampe habis nyo cuma 30 detik juga...ada solusi nya lagi?
    Balas cepat ya mba..makasih

    ReplyDelete
  2. Berhasil tapi kok gagal ya pas upload ke statusnya

    ReplyDelete
  3. Iya klo di liat sama temen ko tetep 30 detik ya...butuh pencerahannya.

    ReplyDelete
  4. Sudah sesuai petunjuk tapi kok tetap 30 detik ya

    ReplyDelete
  5. Gak berhasil,padHal sudah sesuai

    ReplyDelete
  6. memang betul tuh...cuman 30 detik klo diliat / ditonton dari status...tapi silakan cek di FILE MANAGER, klik MEMORY INTERNAL, klik WHATSAPP, klik MEDIA, klik STATUS. Disitu para penonton STATUS dari WA kita bisa ambil file video durasi panjangnya tanpa terpotong coy.....GRATIS KOQ DIBIKIN RIBET BOKH...silakan dicek 100000000000 % ketemu jawaban ente semue yech.....hahahahahaaaa...Salah buat Admin yang blon tauw jawaban dari pertanyaan pemirsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam bukan salah,,,,yach admin...trimakasih info admin

      Delete
  7. Udah berhasil juga, tapi percumah pemirsa tetep bisa liatnya 30 detik 😂

    ReplyDelete
  8. Iya nih gan,,, ane jg udh coba tpi, masalahnya, klo berhasil, tdk lama kemudian editannya kembali lgi ke 30 detik, jdix edit trus data filenya.
    Tpi sebelumnya makasih loh gan, krn udh ngasih pelajaran baru. Terus berkarya gan!!

    ReplyDelete